Seorang perangkat Desa sedang dilantik di pendopo Desa Karanggayam

KARANGGAYAM.DESA.ID

Sehubungan telah diterbitkannya Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas nomor 1 tahun 2016 tentang Struktur Organisasi Dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa yang menjadi pedoman bagi Pemerintah Desa Karanggayam dalam mengeluarkan Peraturan Desa tentang SOTK, maka pada bulan juli 2016 Pemerintah Desa Karanggayam bersama BPD menyepakati Peraturan Desa Karanggayam nomor 4 Tahun 2016 tentang Struktur Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintah Desa Karanggayam (Perdes SOTK). 

Setelah mengesahkan perdes SOTK, Pemerintah Desa Karanggayam kecamatan Lumbir melaksanakan tahapan seleksi rotasi dan promosi perangkat Desa.

Setelah melalui proses yang panjang dari mulai pembentukan panitia seleksi rotasi dan promosi perangkat desa, pengumpulan dan penilaian berkas-berkas peserta seleksi sampai penilaian presentasi oleh panitia seleksi yang di dampingi oleh tim fasilitasi kecamatan Lumbir, Pemerintah Desa Karanggayam akhirnya pada kamis, 20/10/2016 melaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan perangkat desa.

Satu orang perangkat Desa dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Desa Karanggayam Nanang Supono menjadi sekretaris desa (Sekdes), Sementara itu, sembilan orang perangkat Desa lainnya terbagi dalam beberapa jabatan strategis, antara lain; Kepala Dusun (Kadus), Kepala Seksi (Kasi) dan Kepala Urusan (Kaur) dalam waktu yang berbeda.

Berikut daftar nama perangkat Desa yang dilantik dari jabatan lama ke jabatan baru :

  1. Suripto dari kaur keuangan menjadi Sekdes
  2. Sutar dari kasi kesdaya menjadi Kasi Pelayanan
  3. Enjang Triyanto dari kasi Pemerintahan dan pembangunan menjadi Kasi Kesejahteraan
  4. Rusdiono dari staf kasi Pemerintahan dan pembangunan menjadi Kasi Pemerintahan
  5. Saryanto dari staf kesdaya menjadi Kadus 1
  6. Sarto dari kadus 2 menjadi Kadus 2
  7. Sukiman dari kadus 3 menjadi Kadus 3
  8. Darso dari kaur umum menjadi Kaur Perencanaan
  9. Solekhan dari staf kesdaya menjadi Kaur Tata Usaha dan Umum
  10. Veranina dari staf kaur keuangan menjadi Kaur Keuangan.

    Dalam sambutan pengarahan Kepala Desa Karanggayam Nanang Supono mengingatkan kepada perangkat Desa yang dilantik dan diambil sumpahnya, bahwa sumpah yang diucapkan memiliki tanggungjawab tidak hanya pada Kepala Desa dan masyarakat namun yang utama ialah tanggungjawab kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

    Sementara itu Camat Lumbir Budi Nugroho S.STP, M.Si dalam sambutan pengarahannya mengibaratkan seorang sekdes seperti ibu rumah tangganya desa yang harus selalu tanggap dalam menghadapi situasi Pemerintahan Desa dan bila Kepala Desa berhalangan maka seorang Sekdes harus siap membuat keputusan serta memberikan masukan kepada Kepala Desa. 

    Camat juga menambahkan agar Perangkat Desa secara umum mampu mengikuti perkembangan zaman khususnya teknologi informasi yaitu mampu mengelola website desa yang sudah dimiliki Pemerintah Desa Karanggayam. NS