Dalang ruwat sedang menjalankan wayang ruwatan

KARANGGAYAM.DESA.ID

Warga dusun Munjul Desa Karanggayam pada senin, 03/10/2016, memperingati tahun baru islam 1 Muharam 1438 Hijriah dengan menggelar pertunjukan wayang ruwat pada siang hari dan wayang kulit pada malam harinya.

Pertunjukan wayang secara estafet ini dilakukan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan YME, dan juga hiburan bagi warga masyarakat serta sebagai upaya pelestarian budaya jawa, kata Sarto kadus 2 Munjul Desa Karanggayam selaku panitia.

Wayang ruwatan juga disuguhkan sebagai rasa syukur dan do’a kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat berupa bumi yang subur dimana umat manusia menggantungkan hidupnya, kata Nanang Supono Kades Karanggayam menambahkan.

Ki dalang Tarjono Wignyopranoto dari karangrau Banyumas adalah spesialis dalang ruwatan yang mempersembahkan wayang ruwatan pada pagelaran yang ditonton oleh ribuan warga ini. 

Sedangkan pada malam harinya hiburan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang juga dihadiri dan disaksikan oleh Bupati Banyumas Ir. H Achmad Husein dan Camat Lumbir Budi Nugroho S. STP, M. Si  ini dibawakan oleh Ki dalang Kukuh Bayu Aji yang tak lain adalah menantu dari Ki dalang Tarjono.