image

Karanggayam.desa.id | 19/05/2016.
Pemerintah Desa Karanggayam Kamis 19/05, menyelenggarakan pelatihan bagi pengelola BUMDesa Karya Makmur.

Pelatihan diikuti oleh sedikitnya 9 orang pengelola BUMDesa yang terdiri dari : Penasihat, Pelaksana Operasional dan Pengawas, ditambah beberapa orang perangkat desa.

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola BUMDesa Karya Makmur agar lebih mampu  mengembangkan usahanya.

Ditemui disela pelatihan,  Suparno, ketua BUMDesa Karya Makmur mengatakan,
BUMDesa Karya Makmur sendiri dengan modal sebesar Rp 20 juta yang berasal dari penyertaan modal Pemerintah Desa pada tahun 2015, saat ini sudah menjalankan unit usaha penyewaan (renting) yaitu sewa molen atau mesin pengaduk.

Suparno menambahkan, rencananya dalam waktu dekat, BUMDesa akan menjalankan unit usaha Jasa keuangan (financial business) yang bertujuan untuk menyalurkan kredit modal usaha bagi pelaku usaha kecil yang ada di Desa.

Pemerintah Desa Karanggayam mengundang para narasumber berpengalaman seperti : Ahmad Fadli (pelaku koperasi dan pegiat Desa), Bayu Setyo Nugroho S. Sos , Msi ( Kepala Desa Dermaji) dan Tasiman (pimpinan BUMD) untuk menyampaikan materi tentang regulasi, perencanaan kelembagaan dan perencanaan bisnis pada pelatihan ini.

Dengan diadakannya pelatihan ini, Suparno berharap dirinya beserta pengurus lainya menjadi bertambah pengetahuan dan kemampuannya dalam mengelola BUMDesa dengan baik sehingga mampu memberikan keuntungan bagi BUMDesa yang otomatis akan memberikan tambahan Pendapatan Asli Desa (PADesa) bagi Desa Karanggayam. Kd