image

Senin, 4/4/2016.
Hujan deras yang terjadi di wilayah Desa Karanggayam, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas pada minggu malam 3/4/2016 hingga senin dini hari mengakibatkan tanah longsor di sejumlah tempat di Desa Karanggayam, antara lain :

Tanah longsor yang terjadi di halaman SDN 1 Karanggayam, talud sepanjang 20 m dan tinggi 4 m yang baru dibangun tahun lalu longsor dan mengancam gedung PAUD Puspo Laras yang ada di bawahnya,

Tanah longsor juga terjadi di grumbul kalipelus tepatnya di RT 1 RW 2, longsoran sepanjang 12 m dan tinggi 8 m, menutupi jalan desa, warga sekitar pun bergotong – royong menyingirkan tanah yang menutupi jalan.

Tanah longsor juga menimpa rumah Sunarto (60 tahun) warga RT 5 RW 1, tanah setinggi 4 m panjang 3 menimpa rumah semi permanen milik sunarto, sehingga pagar dan tiangnya yang terbuat dari kayu rusak.

Warga sekitar dibantu babinsa bergotong-royong membersihkah longsoran tanah.

Jalan desa di wilayah RT 6 RW 1 juga longsor sepanjang 15 m tinggi 4 m, mengakibatkan jalan hampir putus dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua itupun harus berhati-hati.

Dan masih banyak longsoran dengan skala kecil diwilayah Desa Karanggayam.

Longsor terjadi akibat kontur tanah yang labil ditambah kondisi geografis perbukitan dan juga hujan deras yang terjadi hingga berjam-jam.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.