KARANGGAYAM.DESA.ID | 22/09/2018

Pemerintah Desa Karanggayam di tahun 2018 ini mengalokasikan anggaran di bidang pemberdayaan masyarakat yaitu melalui Pelatihan ketrampilan membatik bagi warga khususnya perempuan yang ada di Desa Karanggayam.

Sebanyak 40 orang peserta yang seluruhnya adalah perempuan dari seluruh wilayah Desa mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari ini.

Tiga orang narasumber dari kota Banyumas didatangkan untuk memberikan pelajaran kepada para peserta pelatihan yang diselenggarakan di Balaidesa ini.

Mayoritas peserta baru pertama kali mengikuti pelatihan membatik sehingga mereka sangat antusias menerima pelajaran dari para narasumber.

Para peserta pelatihan diajari cara membatik dengan motif buah kenitu sebagai ciri khas dari Desa Karanggayam.

Meski pelatihan ini baru tahap dasar, namun kain batik tulis yang dihasilkan oleh peserta sudah cukup baik, Para peserta juga berharap akan ada pelatihan membatik lanjutan untuk membuat menjadi lebih mahir dalam membatik.

“Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan ketrampilan kepada masyarakat yang nantinya dapat memproduksi kain batik sendiri sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Karanggayam” kata Nanang Supono Kepala Desa Karanggayam. Ns