KARANGGAYAM.DESA.ID

Karanggayam, 06/03/2017. Pemerintah Desa Karanggayam Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas mengawali kegiatan pembangunan di tahun 2017 dengan menggunakan dana bantuan keuangan Kabupaten yang sudah ada di rekening kas Desa sebesar Rp 300 juta ( tiga ratus juta rupiah).

Sesuai SK Bupati Banyumas, Dana bantuan keuangan tersebut digunakan untuk dua kegiatan pembangunan yaitu Pembangunan gedung PKK sebesar Rp 200 juta rupiah dan pembangunan jalan RT 1 RW 2 Kalipelus sebesar Rp 100 juta rupiah.

Untuk Pembangunan jalan RT 1 RW 2 Kalipelus sudah selesai dilaksanakan pada bulan Januari 2017, sedangkan pembangunan gedung PKK masih berlangsung hingga berita ini ditulis dan direncanakan selesai pada bulan April 2017.

Kepala Desa Karanggayam Nanang Supono mengatakan, “awal tahun 2017 kita sudah bisa melaksanakan kegiatan pembangunan karena bantuan keuangan tersebut sebetulnya merupakan SILPA (sisa lebih perhitungan anggaran) tahun 2016 karena baru ditransfer ke rekening kas Desa pada akhir Desember 2016, sehingga baru bisa dilaksanakan pada awal tahun 2017”. Ketentuan mengenai SILPA ini bisa dilihat di Permendagri nomor 113 tahun 2014 pasal 18, lanjut Kepala Desa.

“Kami sengaja melaksanakan kegiatan pembangunan pada awal tahun mengingat pada bulan April nanti setelah Dana Desa mulai dikucurkan ke Desa, praktis Pemerintah Desa akan disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang sudah dianggarkan dalam APBDesa” Nanang Supono menambahkan.