KARANGGAYAM.DESA.ID

Karanggayam, Rabu 24/05/2017.

Dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk demi kesejahteraan masyarakat di Indonesia, Pemerintah pusat dalam hal ini melalui Presiden Joko Widodo sejak Januari 2016 mencanangkan program (Kampung Keluarga Berencana) Kampung KB di setiap Desa dan kelurahan di seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali di Desa Karanggayam Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas.

Di Desa Karanggayam sendiri pencanangan kampung KB berada di RW 1 dan sesuai kesepakatan di beri nama kampung KB “Gayam Lestari”. Pencanangan Kampung KB ini dihadiri oleh Bupati Banyumas, TP PKK kabupaten, Camat Lumbir beserta istri, para kades sekecamatan Lumbir, Kepala Puskesmas Lumbir, PLKB, PPKBD, BPD Desa Karanggayam, RT RW, tokoh masyarakat dan warga masyarakat Desa Karanggayam.

“Kampung KB biasanya dicanangkan di RW yang tingkat ber-KB masyarakatnya masih rendah dan tingkat penduduk prasejahtera masih tinggi dibandingkan dengan RW yang lain”, ungkap Nanang Supono Kepala Desa Karanggayam dalam sambutannya. 

Pencanangan kampung KB “Gayam lestari” RW 1 Desa Karanggayam ditandai dengan pemukulan kenthongan oleh Bupati Banyumas Ir. H Achmad Husein. Dalam sambutannya, Bupati mengajak masyarakat untuk mengikuti program KB yang dianjurkan oleh pemerintah demi kesejahteraan.

Bupati juga berkesempatan mengunjungi kelompok-kelompok yang ada di kampung KB seperti kelompok BKB, BKR dan BKL.

Setelah acara pencanangan kampung KB selesai, Bupati dan para tamu undangan yang lain bergerak menuju Balaidesa Karanggayam yang berjarak sekitar 300 meter untuk melanjutkan acara selanjutnya yaitu peresmian gedung serbaguna Desa Karanggayam yang di bangun menggunakan dana bantuan keuangan kabupaten Banyumas tahun 2016.