Buah manis kaya serat dan vitamin

Karanggayam.desa.id | senin 30/05/2016, Kenitu atau kenetu disebut juga sawo duren atau sawo manila atau sawo susu. Dalam istilah ilmiah, buah manis ini disebut Chrysophyllum cainito.

Pohon kenitu bisa tumbuh cepat, dengan tinggi mencapai 30 meter. Buahnya yang matang bisa langsung dimakan atau juga dapat digunakan sebagai bahan baku es krim atau serbat. Ingin tahu khasiatnya? Berikut adalah khasiat kenitu untuk kesehatan, seperti dikutip dari merdeka.com dari Livestrong.com.

# Nutrisi dasar

236 gram kenitu segar mengandung 67 kalori. Bagi Anda yang sedang diet, Anda bisa mengonsumsi kenitu sebagai camilan setiap hari. Selain rendah kalori, buah ini juga tidak mengandung lemak dan rasanya juga enak.

# Serat

Satu kenitu mengandung 3 gram serat untuk memenuhi asupan harian tubuh – tubuh membutuhkan 25-38 gram serat per hari. Itu akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Buah ini juga dapat mencegah Anda makan terlalu banyak, dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Nutrisi yang hadir dalam kenitu juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes dan beberapa jenis kanker.

# Vitamin dan mineral

Kenitu merupakan sumber kalsium yang baik, yang menyediakan 10 persen dari jumlah kalsium yang Anda butuhkan setiap hari. Kalsium dapat menguatkan tulang dan gigi, dan juga dapat mengurangi gejala sindrom pra-menstruasi, seperti kram dan kembung perut.

Buah ini juga mengandung 5 persen vitamin C dan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, satu buah kenitu menyajikan 2 persen dari besi, mineral penting untuk oksigenasi tubuh, yang Anda butuhkan setiap hari.

# Kegunaan tradisional

Kenitu sering digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara, meskipun tidak ada penelitian yang telah mengkonfirmasi penggunaan tersebut. Biji buah ini dikatakan berguna untuk mengurangi demam dan mengobati diare.

Beberapa orang juga makan buah ini untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan radang tenggorokan dan radang paru-paru. Kegunaan lain dari kenitu, termasuk obat untuk hipertensi, abses gigi, masalah jantung, masalah usus dan kanker.

Buah yang satu ini sangat mudah ditemukan di Karanggayam bila sedang musimnya yaitu sekitar bulan juli sampai oktober. Tidak hanya enak dan kaya manfaat namun buah ini juga murah meriah. Cukup Rp 5000 saja kita sudah dapat 1 kg kenitu.