image

Pemerintah Kabupaten Banyumas hari ini telah menetapkan KLB (Kejadian Luar Biasa) untuk demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Banyumas.

Dalam rapat pengarahan Bupati secara bertahap hari ini, minggu 14/02/2016, yang diikuti oleh para kepala desa, camat dan kepala puskesmas dari empat kecamatan yaitu, Lumbir, Gumelar, Ajibarang dan Pekuncen termasuk kepala desa Karanggayam, Bupati Banyumas Ir. H Achmad Husein memerintahkan kepada jajarannya untuk diinformasikan kepada wartawan dan mempersiapkan legal formalnya terkait SK Bupati tentang penetapan KLB demam berdarah untuk ditandatangani.

Penetapan KLB ini berdasarkan pertimbangan dari adanya korban meninggal dunia pada pasien suspect DBD yang dirawat di rumah sakit yang tersebar di Kabupaten Banyumas.
Menurut Bupati, dari 51 kasus DBD di Kabupaten Banyumas sampai hari ini, 7 diantaranya meninggal dunia.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Banyumas untuk secepatnya melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) sampai kepelosok desa hingga tak ada satu rumah pun yang terlewati dengan cara 3M (menutup, menguras dan mengubur/mendaurulang) agar tak ada lagi korban meninggal akibat DBD.

DBD merupakan penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegepty, nyamuk ini suka bertelur dan berkembang biak di genangan air yang terdapat di fas bunga, kaleng bekas, ban bekas dan sebagainya.