Grup kenthongan Gedumbrang Laras sedang unjuk kebolehan

KARANGGAYAM.DESA.ID

Desa Karanggayam adalah desa yang terus berusaha berinovasi dan berkarya tetapi tidak lupa untuk terus menjaga kebudayaan lokal yaitu kenthongan. Hal ini dibuktikan dengan adanya grup kesenian kenthongan Desa Karanggayam yaitu grup kenthongan Gedumbrang Laras.

Grup kenthongan Gedumbrang Laras yang diprakarsai oleh Rusdiono yang terdiri dari anak-anak muda Desa Karanggayam. Rusdiono sendiri merupakan perangkat Desa Karanggayam.

Berbekal dari keprihatinan Rusdiono kepada anak-anak sekarang yang telah teracuni kotak setan atau gadget, Rusdiono mencoba membangkitkan semangat kaum muda untuk terus melestarikan budaya kesenian lokal seperti kenthongan untuk menghibur masyarakat terutama masyarakat Desa Karanggayam.

Rusdiono memulai menggerakkan para pemuda Desa Karanggayam semenjak Februari 2017 hingga sekarang dengan sekuat tenaga. Penampilan perdana grup kesenian Gedumbrang Laras sendiri masih di tingkat lokal, penampilan demi penampilan membuat grup kenthongan tersebut mulai dikenal warga, disetiap penampilan Rusdiono juga berusaha mendengar saran dan pendapat dari pendengar/penikmat untuk membenahi kekurangan yang ada.

Bagi Rusdiono mendengar saran itu penting untuk kemajuan grupnya, dia juga terus mengepakkan sayapnya untuk dapat tampil diberbagai acara desa maupun luar desa.

Rusdiono berpesan kalau bukan kita maka siapa lagi dan kalau bukan sekarang mau kapan lagi. Jeni