image

Karanggayam | 09/02/2016.
Di era seperti sekarang ini sampah menjadi masalah serius baik diperkotaan maupun diperdesaan, sampah sering berkaitan dengan masalah kesehatan, sosial, hukum dan lain sebagainya.

Berbagai cara sudah dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah sampah namun belum seluruh permasalahan bisa diatasi.

Nah, ditengah problematika itu, ada beberapa masyarakat yang punya kreatifitas untuk mengolah sampah menjadi pupuk maupun barang seni.

Adalah Sukarman, warga Rt 03 Rw 05 Desa Karanggayam Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas, yang punya kreatifitas mengolah sampah menjadi barang bernilai seni tinggi.

Sukarman membuat sampah menjadi patung berbagai jenis hewan yaitu : macan, ular, burung elang dan lain sebagainya.

Untuk membuat patung macan, sukarman mengatakan, membutuhkan 25 kg kertas bekas, beberapa batang kayu bekas, besi bekas,  1 kg semen dan tepung tapioka atau aci sebagai perekat.

Dalam satu minggu sukarman mampu membuat sebuah patung macan dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan.

Namun bila musim hujan, sukarman kesulitan membuat patung karena prosesnya membutuhkan sinar matahari, sehingga ini memerlukan bantuan pemerintah untuk permodalan dan sarana prasarana seperti oven. Kd