KARANGGAYAM.DESA.ID 

Karanggayam, 4/11/2017.

Dinas Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades) kabupaten Banyumas, menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas BUMDesa selama tiga hari dari tanggal 1 sampai 3 November 2017.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 16 BUMDesa dari 16 Desa se kabupaten Banyumas yang masing-masing Desa diwakili oleh dua orang peserta yaitu komisaris dan direktur BUMDesa. Termasuk BUMDesa Karya Makmur Desa Karanggayam Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas diwakili oleh Nanang Supono selaku penasehat ( komisaris) dan Suparno selaku ketua (direktur).

Hari pertama pelatihan dilaksanakan di aula Kelurahan Berkoh, diisi dengan pemaparan materi dari para narasumber kompeten seperti Bank BNI, kantor Diklat PMD Jogjakarta dan dari BUMDesa Pancasan salah satu BUMDesa yang sudah cukup sukses di Banyumas.

Hari kedua para peserta pelatihan di ajak untuk belajar dan melihat langsung bagaimana BUMDesa bisa sukses dengan melakukan orientasi lapangan ke BUMDesa Karya Mandiri, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, salah satu BUMDesa yang sudah maju di Indonesia yang unit usahanya antara lain pengelolaan air bersih, penyewaan gedung dan agribisnis.

Karena usaha-usahanya dan juga kerjasama semua pihak di desa kemudian komitmen untuk bersama sama memajukan Desa itulah BUMDesa Karya Mandiri Cibodas sudah mampu memiliki aset yang bernilai milyaran rupiah dan  bisa memberikan pendapatan asli desa sebesar Rp 10 juta per bulan kepada Desa.

Dengan pelatihan ini diharapkan BUMDesa-BUMDesa yang ada di kabupaten Banyumas bisa sukses seperti BUMDesa Karya Mandiri Cibodas. KD