KARANGGAYAM.DESA.ID 

Sesuai dengan amanah UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa, bahwa Musyawarah Desa (Musdes) wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Desa untuk menyepakati hal – hal yang bersifat strategis, Musdes ini dipimpin oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Demikian pula halnya seperti yang dilakukan di Desa Karanggayam Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas pada hari Kamis, 12/10/2017.

Musdes di Desa Karanggayam ini dilaksanakan setelah melalui beberapa tahapan Musdus (Musyawarah dusun) untuk menggali gagasan dan usulan dari masing-masing dusun yang dilaksanakan pada bulan sebelumnya.

Musdes di hadiri oleh seluruh pemangku kepentingan yang ada di Desa seperti Pemerintah Desa, BPD, ketua RT, ketua RW, PKK, LPMD, tokoh masyarakat, perwakilan Pemuda, dan lain lain. Selain itu Musdes juga dihadiri oleh Camat Lumbir dan pendamping Desa.

Musdes di awali dengan pemaparan Kepala Desa Karanggayam tentang program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Karanggayam pada tahun 2018, yang kemudian ditanggapi oleh peserta musyawarah. Musdes kemudian dilanjutkan dengan penyampaian usulan dari masing-masing dusun yang disampaikan oleh para Kadus.

Pada akhir Musdes, meskipun sempat terjadi tarik ulur kepentingan dari masing-masing peserta musyawarah namun akhirnya pimpinan dan peserta musyawarah kemudian berhasil menyepakati usulan-usulan yang ada untuk diurutkan berdasarkan skala prioritas yang akan dimasukkan kedalam RKPDesa sebagai dasar penyusunan APBDesa. selanjutnya Musdes ditutup dengan penyerahan berita acara Musdes oleh ketua BPD Karanggayam Heru Restiyanto kepada Kepala Desa Karanggayam Nanang Supono. KD